-->

Selasa, 03 April 2012

Pramuka SMA Negeri 1 Grabag masuk koran

LATIH KEKOMPAKAN DAN KEBERANIAN


MAGELANG UTARA – untuk mewujudkan kekompakan di antara siswa, SMAN 1 Grabag, menggelar perkemahan yang selama 3 hari sejak Jum’at (2/3) lalu.  275 siswa dari kelas X dan XI guru pembina Pramuka  terlibat dalam acara yang mengambil lokasi Batalyon Armed 3/105 Tarik Nagapakca
Dalam waktu 2 hari tersebut, siswa melakukan kegiatan sarasehan, wide games malam dan outbond.  Koordinator kegiatan acara, Letda Arm Sudarmono, mengatakan, pihak Armed 3 adalah penyedia tempat sekaligus pendamping untuk melakukan kegiatan.  “Sebelum kegiatan dimulai mereka terlebih dulu diarahkan supaya benar-benar mengerti,” paparnya.
Untuk outbond Yon Armed 3 tergolong lengkap dengan lahan yang luas dan dilengkapi berbagai jenis permainan antara lain flying fox, turun dan naik tebing, jaring pendarat, jembatan tali dua,  balok titian, jurit malam dan api unggun.  “Permainan ini menguji kekompakan dan keberanian mereka,” ucapnya.
Menurut Darmono, arena outbond yang disediakan Armed 3 sangat beragam.  Apalagi arena ini disediakan untuk umum dan bagi semua tingkatan usia.  Jenis permainan juga disesuaikan dengan peserta.  “Terpenting bagi kita memperkenalkan lingkungan tentara yang bersahabat dengan masyarakat,” terangnya.
Ditambahkan dia, satuan TNI bukan tempat yang mengerikan bagi masyarakat umum.  Melainkan bisa sebagai wahana bermain dan belajar.  Ia berharap setelah siswa melakukan kegiatan perkemahan di satuan Yon Armed 3 bisa lebih berani dan tumbuh kekompakan satu sama lain.  “Harapan kami mereka bisa tambah kompak dan sportif,” kata dia.
Sementara itu, guru pembimbing Pramuka SMAN 1 Grabag, Septi, mengungkapkan, kegiatan yang sudah direncanakan berjalan lancer.  Hanya ada beberapa kesalahan dari siswa sendiri karena ketinggalan perlengkapan.  “Sebelumnya sudah kami informasikan kepada siswa untuk mempersiapkan jauh-jauh hari, karena terlalu bersemangan hingga ada yang tertinggal,” katanya.
Menurut Septi, fasilitas yang disediakan Yon Armed 3 sudah baik, sedangkan untuk warga di asrama ramah dan mendukung kegiatan.
“Kegiatan perkemahan yang benar-benar mengajarkan makna disiplin dan keberanian untuk anak-anak,” paparnya.
Salah satu peserta, Imam Muafik dari kelas XII mengatakan, kegiatan perkemahan yang diadakan di Yon Armed 3 sangat seru dan menantang keberaniannya.  Dirinya mengaku bisa lebih memahami arti kepemimpinan dan tambah disiplin serta mandiri.  “Sangat menarik dan bisa mendidik dan menimbulkan rasa saling percaya kebersamaan serta kerja sama kelompok,” ucapnya.
Apalagi ditambah arena permainan yang menantang, sangat senang sekali.  Jarang ada permainan seperti ini, benar-benar terasa di hutan.  “Banyak ilmu dan pelajaran yang kami dapatkan pada perkemahan kali ini,” katanya puas.

0 komentar:

Posting Komentar